Sebenarnya sudah lama sih suka dengan ubuntu, ara-garanya karena melihat video vista vs ubuntu dan video-video tentang ubuntu lainnya di youtube. Dan sekarang baru kesampaian memilikinya. Itu juga sebetulnya suatu kebetulan. Waktu PPL di SMADA kemaren saya menemukan tambatan hati yang saya ingin selama ini(emengnya cewe?) yaitu ubuntu Ultimate edition 2.1, di sekolahan itu kan ada fasilitas hotspotnya. Nah di sini saya berhasih mendonload semua file .iso nya. Coz di sini koneksinya super cepat. Bayangin aja kecepatan mendownloadnya mencapai 1mbps lebih. Gila kan.haha….

File ubuntu UE 2.1 ini cukup besar, ada 3 part yang totalnya sekitar 1,6 GB. setelah pulang dari sekolah langsung saya burning tuh file dan tanpa ada pengetehuan sebelumnya tentang ubuntu saya memberanikan diri untuk menginstalnya di laptop saya. Ya bisa dibilang trial and eror atau coba-coba. Beruntung saya berhasil memasangnya di laptop yang sebelumnya sudah terpasang lebih dulu vista dengan ram cuma 1GB.

Setelah selesai menginstalnya saya langsung memulai memakai ubuntu. Rasanya kayak belajar maen komputer lagi. Karena beda dengan vista yang selalu saya gunakan tiap hari. Dari siang sampai hampir malam sya tidak beranjak dari depan laptop karena sibuk mencerna apa itu ubuntu. Akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai bisa menguasainya.

Jujur saja, selama hampir 3 minggu saya memiliki ubuntu ini saya sudah hapus-pasang hapus-pasang ubuntu ini lebih dari 6 kali.haha namanya juga trial and eror. Bila ada kesalahan atau yang lainnya saya ulang lagi dari awal, tapi hal itu tidak merepotkan. Karena menginstalnya mudah dan lumayan cepat.

Ubuntu UE 2.1 ini paket lengkap dari ubuntu. Kalo ubuntu biasa kan file .iso nya tidak lebih dari 700mb. Kalo UE 2.1 ini ukurannya 2 kali lebih dari ubuntu biasa. Di dalam UE 2.1 ini juga sudah ada aplikasi-aplikasi yang disertakan dalam paket instalanya. Jadi gak perlu repot-repot nyari-nyari lagi.

Setelah terinstal di dalam vista punya saya, hard disk yang dipakainya sekitar 15,5GB. lumayan besar, mungkin lebih besar dari vistanya sendiri. Tapi tak apa. Karena saya tidak mau membuang vista yang saya punya, jadi sekarang drive C punya saya hanya tersisa sekitar 31GB dari kapasitasnya yang sebesar 69,7GB.

Banjarmasin 16 maret 2009